Personal Selling

 PERSONAL SELLING


    Perusahaan saat ini bergantung pada tenaga penjual atau sales person untuk membidik dan mencari calon pembeli yang potensial, menjadikan mereka pelanggan, kemudian mengembangkan bisnis. Personal selling merupakan promosi penjualan yang dilakukan secara dua arah, tatap muka atau penyajian presentase pribadi secara langsung antara penjual dengan pembeli untuk memperkenalkan produk yang ditawarkan, membujuk dan mempengaruhi calon pembeli dengan tujuan terciptanya suatu penjualan.

    Kita sering melihat seorang sales menawarkan produk atau jasa kepada calon pembeli. Hal inilah iasa disebut dengan personal selling. Sales yang memerankan penjualan tatap muka (personal selling) dapat membantu fungsi pengumpulan informasi pasar. Sales mungkin menjadi orang pertama yang mengetahui adanya persaingan baru atau strategi baru dari pesaing, sales yang tanggap dengan kebutuhan pelanggan dapat menjadi sumber gagasan bagi produk baru. Dalam hal-hal tertentu, penjualan tatap muka (personal selling) juga mewakili pelanggan mereka di dalam perusahaan.



PERSONAL SELLING PT PRUDENTIAL LIFE ASSURANCE

Prudential Indonesia (PT Prudential Life Assurance) | LinkedIn 

 

    PT. Prudential Life Assurance sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang asuransi jiwa bagi masyarakat juga harus menghadapi persaingan yang cukup ketat dengan perusahaan lainnya. Banyak perusahaan asuransi menggunakan bauran promosi personal selling dalam berkomunikasi dengan konsumennya, salah satunya adalah PT. Prudential Life Assurance yang menggunakannya untuk meningkatkan jumlah pelanggan. Dengan personal selling yang dikombinasikan dengan unsur bauran promosi lainnya diharapkan jumlah pelanggan semakin meningkat akan tetapi harus disesuaikan dengan kenyamanan dan fasilitas yang tersedia didalam mendukung pelanggan menggunakan asuransi tersebut.

    Kegiatan personal selling yang dilakukan oleh PT. Prudential Life Assurance bukan hanya dengan melakukan presentasi atau menjelaskan secara detail tetapi memberikan seminar-seminar dan training kepada calon nasabahnya. Untuk memberikan hasil terbaik, pihak agency juga melakukan komunikasi melalui beberapa media. Fungsi kegiatan personal selling yang dilakukan pada PT. Prudential Life Assurance dimulai dari: Prospecting - Information Gathering - Targetting - Allocating - Comunicating - Selling - Servicing.




REFERENSI

https://sarjanaekonomi.co.id/personal-selling/

https://media.neliti.com/media/publications/81391-ID-penerapan-personal-selling-penjualan-pri.pdf

Wahyudi D., Auran T R.  (2013). Analisis Personal Selling Pada PT. Prudential Life Assurance Medan. Jurnal Bisnis Administrasi. Vol. 2. No. 2.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS LINGKUNGAN PERUSAHAAN AQUA

Situasi Pembelian dalam Pasar Industri

REVIEW FILM THE FAULT IN OUR STARS