ANALISIS LINGKUNGAN PERUSAHAAN AQUA

 Analisis Lingkungan Internal dan Eksternal pada Perusahaan AQUA

Aqua (air mineral) - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Latar belakang perusahaan

        PT AQUA Golden Mississippi didirikan pada tahun 1973 oleh Bapak Tirto Utomo, sebagai produsen pelopor air minum dalam kemasan di Indonesia. Pabrik pertama didirikan di Bekasi. Setelah beroperasi selama 30 tahun, kini AQUA memiliki 14 pabrik di seluruh Indonesia. Pada tahun 1998, AQUA (yang berada di bawah naungan PT Tirta Investama) melakukan langkah strategis untuk bergabung dengan Group DANONE, yang merupakan salah satu kelompok perusahaan air minum dalam kemasan di dunia dan ahli dalam nutrisi. Langkah ini berdampak pada peningkatan kualitas produk, market share dan penerapan teknologi pengemasan air terkini. Di bawah bendera DANONE-AQUA, kini AQUA memiliki lebih dari 1.000.000 titik distribusi yang dapat diakses oleh pelangannya di seluruh Indonesia.

 

Analisis Lingkungan Eksternal 

        Analisis lingkungan eksternal dilakukan untuk dapat mengidentifikasi faktor-faktor di luar lingkungan perusahaan yang mempengaruhi kelangsungan bisnis perusahaan tersebut. Lingkungan pemasaran eksternal terdiri atas lingkungan yang sifatnya umum dan lingkungan industri.

            A. Lingkungan Umum

                 Lingkungan umum adalah suatu lingkungan dalam lingkungan eksternal perusahaan yang merupakan faktor-faktor yang memiliki ruang lingkup luas dan faktor-faktor tersebut pada dasarnya berada di luar dan terlepas dari operasi perusahaan. Faktor-faktor tersebut antara lain adalah:

                    1. Ekonomi                            

                        Faktor ekonomi dalam industri air mineral memiliki pengaruh yang kecil karena air mineral merupakan suatu barang yang tidak terlalu mahal dan menjadi kebutuhan dalam kehidupan manusia.

                    2. Sosial

                      Faktor sosial dalam industri air mineral memiliki pengaruh yang kecil karena air mineral bukanlah suatu barang yang dapat digunakan untuk menaikkan pestise seseorang. 

                    3. Politik dan Hukum

                            Faktor politik dan hukum dalam industri air mineral memiliki pengaruh yang kecil karena perubahan dalam situasi politik dan hukum tidak berpengaruh secara langsung terhadap industri air mineral.

                     4. Teknologi 

                        Teknologi merupakan faktor yang sangat penting karena dalam pengelolaan air mineral membutuhkan teknologi yang canggih untuk menghasilkan barang yang berkualitas baik.

                    5. Demografi

                       Faktor demografi merupakan faktor yang penting karena dapat meningkatkan penjualan dari air mineral semakin besar jumlah penduduk disuatu negara maka secara langsung permintaan terhadap air mineral juga akan tinggi.

            B. Lingkungan Industri

                    Lingkungan industri adalah serangkaian faktor-faktor ancaman dari pelaku bisnis baru, supplier, pembeli, produk pengganti dan intensitas persaingan di antara para pesaing yang secara langsung mempengaruhi perusahaan dan tindakan dan tanggapan kompetitifnya. Kekuatan-kekuatan yang mempengaruhi persaingan industri sebagai berikut:

                        1. Ancaman masuknya pendatang baru yaitu untuk masuk dalam industri air mineral membutuhkan modal yang sangat besar sehingga ancaman masuknya pendatang baru memiliki peluang yang kecil,

                       2. Tingkat rivalitas di antara para pesaing yang ada yaitu dalam industri air mineral tidak memiliki khususan atau keunikan dan cenderung merupakan barang yang standar, maka tingkat rivalitas diantara para pesaing yang ada cukup besar.

                          3. Tekanan dari produk pengganti yaitu adanya tekanan dari produk pengganti dari air mineral sangat tinggi karena air mineral merupakan sesuatu yang dibutuhkan pada saat itu juga.

                    4. Kekuatan tawar menawar pembeli (substitusi) yaitu dalam industri air mineral kekuatan tawar menawar pembeli sangat kecil karena air mineral ditawarkan ke pasar dengan harga yang relatif murah dan harganya di semua daerah juga relatif sama.

                            5. Kekuatan tawar menawar pemasok yaitu pada industri air mineral kekuatan tawar menawar dari pemasok cukup kuat karena bahan baku dari air mineral ini berasal dari alam sehingga selalu bergantung pada alam.

 

Analisis Lingkungan Internal

              Lingkungan internal perusahaan yang mempengaruhi perusahaan Aqua, antara lain:

                1. Keuangan

                 - Perusahaan Aqua dari segi keuangan sangat kuat karena perusahaan ini merupakan leader dalam industri air minum yang telah menguasai pasar (market leader) air mineral hingga 60%.

                 - DANONE meningkatkan kepemilikan saham di PT Tirta Investama dari 40% menjadi 74%, sehingga DANONE kemudian menjadi pemegang saham mayoritas AQUA Group.

                 2. Pemasaran

                     - Memasarkan produk tidak susah, karena konsumen sudah mengetahui kualitas produk.

                     - Sosialisasi ke masyarakat mengenai pentingnya mengkonsumsi air mineral yang bersih dan higienis dimana Aqua memiliki semua kriteria yang dibutuhkan.

                    - Pemberian bantuan Aqua untuk wilayah terpencil merupakan salah satu promosi Aqua bahwa Aqua juga perduli terhadap sesama.

                 3. Sumber Daya Manusia

                    - Agen penjualan Aqua yang tersebar dimana-mana, karena untuk menjadi agen Aqua sangat mudah, hanya dengan pengambilan minimal 20 galon Aqua.

                        - Di bawah bendera DANONE-AQUA, kini AQUA memiliki lebih dari 1.000.000 titik distribusi yang dapat diakses oleh pelanggannya di seluruh Indonesia.

                    - Aqua memiliki sumber daya manusia yang sudah terampil dan loyalitas terhadap perusahaan.

                   4. Operasi dan Produksi

                        - Menggunakan manajemen sumber daya air yang canggih. Sebagai bagian dari Group Danone di seluruh dunia, AQUA mengikuti aturan yang dituangkan dalam Piagam Danone untuk manajemen sumber daya air untuk menjamin kualitas sumber-sumber mata airnya.

                     - Mempunyai peluang untuk merambah ke agen-agen kecil yang belum mempunyai pasar lokal.

                    5. Produk

                        - Brand Aqua Danone sangat kuat

                   - Inovasi terbaru tutup Aqua Galon yang unik dan inovatif, dan secara eksklusif yang dilengkapi segel transparan dengan hologram untuk menjamin terjaganya produk alami dari tiap tetes Aqua.

                     - Kemasan Aqua semakin beragam (dari kemasan gelas, botol kecil, sedang hingga galon).



Daftar Pustaka

https://fdokumen.com/document/analisis-lingkungan-internal-dan-eksternal-pada-an-aqua-56788e1ce70e9.html

https://www.scribd.com/doc/67848434/Analisis-Lingkungan-Internal-Dan-Eksternal-Pada-an-AQUA

https://www.coursehero.com/file/p2hc596/STUDY-KASUS-31-Latar-Belakang-Perusahaan-PT-AQUA-Golden-Mississippi-Tbk-AQUA/

Komentar

  1. halo saya anya bennett, seorang penulis keuangan. saya menulis di beberapa topik terkait keuangan seperti utang, pinjaman, asuransi, investasi dan sebagainya. saya menemukan blog Anda saat berselancar di internet untuk menemukan blog yang cocok untuk menulis artikel. itu sangat banyak akal dengan konten yang kaya dan bagus dan memiliki presentasi yang jelas. saya harus menghargai kerja keras Anda dan berharap Anda beruntung. saya bertanya-tanya apakah ada orang di sini yang mencari pemberi pinjaman pinjaman positif untuk melaksanakan proyek atau kebutuhan keuangan Anda? saya merekomendasikan orang tersebut untuk menghubungi mr pedro jerome (pedroloanss@gmail.com) yang telah membantu banyak pengusaha muda & tua di seluruh dunia untuk bantuan keuangan jadi saya sangat yakin bahwa mr pedro dapat membantu di tingkat 2. layanan pinjaman kepada siapa pun di sini mencari pinjaman. terima kasih sekali lagi telah mengizinkan saya untuk menulis di blog Anda. Saya yakin saya telah memberikan Anda artikel yang benar-benar unik dan relevan sehingga dapat bermanfaat bagi pembaca Anda. jika Anda tidak senang dengan catatan singkat saya, saya dengan hormat menyesalinya sebelumnya. salam hormat saya, anya bennett.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Situasi Pembelian dalam Pasar Industri

REVIEW FILM THE FAULT IN OUR STARS