MANAJEMEN PEMASARAN INDUSTRI

 

Nama    : Isnayni Rizka Fatihani

NPM    : 13217005

Kelas    : 4EA15

Mata Kuliah    : Manajemen Pemasaran Era Rev. Industri 4#

 

Pengantar Pemasaran Industri

 

  1. Pemasaran 

            Suatu proses sosial dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, mempertukarkan produk dan nilai dengan  individu dan kelompok lainnya.   

        2. Kebutuhan

        Suatu keadaan akan sebagian dari pemuasan dasar yang dirasakan atau disadari.

        3. Keinginan  

            Hasrat untuk memperoleh pemuas – pemuas tertentu untuk kebutuhan yang lebih mendalam.

              4. Permintaan 

                Keinginan terhadap produk – produk tertentu yang didukung oleh suatu kemampuan dan kemauan untuk membeli.

             5. Manajemen Pemasaran 

                 Analisis, perencanaan, penerapan dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan memperta hankan pertukaran dan hubungan yang menguntungkan dengan pasar sasaran untuk mencapai tujuan organisasi.


            Pemasaran industri adalah kegiatan yang memfasilitasi terjadinya pertukaran produk dengan pelanggan dalam pasar produksi, mencangkup semua perusahaan yang membeli barang dan jasa industri. 

            Pemasaran konsumen adalah pemasaran barang dan jasa kepada individu keluarga dan rumah tangga. Pelanggan membeli barang dan jasa untuk dikonsumsi sendiri.

 

 

Pemasaran Industri VS Pemasaran Konsumen 

            Perbedaan pemasaran industri dengan pemasaran konsumen dapat dilihat dengan jelas berdasarkan karakteristiknya seperti karakteristik pemasaran, karakteristik pasar dan karakteristik hubungan antara penjual dan pembeli produk.

            Perbedaan Pemasaran Industri dan Konsumen

Pemasaran Industri

Pemasaran Konsumen

Karakteristik Pasar : terkonsentrasi secara geografis, pembeli relatif lebih sedikit

Karakteristik pasar: tersebar secara geografis, merupakan pasar masal

Karakteristik produk: kompleks  , customized

Karakteristik produk: lebih standar

Karakteristik promosi : personal selling

 

Karakteristik promosi : lebih ke advertising

Karakteristik pelayanan : sangat mementingkan pelayanan, waktu pengiriman & ketersediaan.

Karakteristik pelayanan : tidak terlalu mementingkan pelayanan, waktu pengiriman dan ketersediaan

Karakteristik harga : lelang kompetitif dan negosiasi

Karakteristik harga : list prices dan maximum retail price (MRP)

Perilaku pembeli : melibatkan berbagai wilayah fungsional, keputusan pembelian terutama didasarkan pada kinerja

Perilaku pembeli : melibatkan anggota keluarga, keputusan pembelian lebih didasarkan pada kebutuhan fisiologis/sosial/psikologis

Saluran distribusi : lebih langsung

Saluran distribusi : tidak langsung dan berlapis

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS LINGKUNGAN PERUSAHAAN AQUA

Situasi Pembelian dalam Pasar Industri

REVIEW FILM THE FAULT IN OUR STARS