MANAJEMEN PEMASARAN INDUSTRI
Nama : Isnayni Rizka Fatihani
NPM : 13217005
Kelas : 4EA15
Mata Kuliah : Manajemen Pemasaran Era Rev. Industri 4#
Pengantar Pemasaran Industri
- Pemasaran
Suatu proses sosial dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, mempertukarkan produk dan nilai dengan individu dan kelompok lainnya.
2. Kebutuhan
Suatu keadaan akan sebagian dari pemuasan dasar yang dirasakan atau disadari.
3. Keinginan
Hasrat untuk memperoleh pemuas – pemuas tertentu untuk kebutuhan yang lebih mendalam.
4. PermintaanKeinginan terhadap produk – produk tertentu yang didukung oleh suatu kemampuan dan kemauan untuk membeli.
5. Manajemen PemasaranAnalisis, perencanaan, penerapan dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan memperta hankan pertukaran dan hubungan yang menguntungkan dengan pasar sasaran untuk mencapai tujuan organisasi.
Pemasaran industri adalah kegiatan yang memfasilitasi terjadinya pertukaran produk dengan pelanggan dalam pasar produksi, mencangkup semua perusahaan yang membeli barang dan jasa industri.
Pemasaran konsumen adalah pemasaran barang dan jasa kepada individu keluarga dan rumah tangga. Pelanggan membeli barang dan jasa untuk dikonsumsi sendiri.
Pemasaran Industri VS Pemasaran Konsumen
Perbedaan pemasaran industri dengan pemasaran konsumen dapat dilihat dengan jelas berdasarkan karakteristiknya seperti karakteristik pemasaran, karakteristik pasar dan karakteristik hubungan antara penjual dan pembeli produk.
Perbedaan Pemasaran Industri dan Konsumen
|
Pemasaran Industri |
Pemasaran Konsumen |
|
Karakteristik Pasar : terkonsentrasi secara geografis, pembeli relatif lebih sedikit |
Karakteristik pasar: tersebar secara geografis, merupakan pasar masal |
|
Karakteristik produk: kompleks , customized |
Karakteristik produk: lebih standar |
|
Karakteristik promosi : personal selling
|
Karakteristik promosi : lebih ke advertising |
|
Karakteristik pelayanan : sangat mementingkan pelayanan, waktu pengiriman & ketersediaan. |
Karakteristik pelayanan : tidak terlalu mementingkan pelayanan, waktu pengiriman dan ketersediaan |
|
Karakteristik harga : lelang kompetitif dan negosiasi |
Karakteristik harga : list prices dan maximum retail price (MRP) |
|
Perilaku pembeli : melibatkan berbagai wilayah fungsional, keputusan pembelian terutama didasarkan pada kinerja |
Perilaku pembeli : melibatkan anggota keluarga, keputusan pembelian lebih didasarkan pada kebutuhan fisiologis/sosial/psikologis |
|
Saluran distribusi : lebih langsung |
Saluran distribusi : tidak langsung dan berlapis |
Komentar
Posting Komentar