Situasi Pembelian dalam Pasar Industri
Situasi Pembelian dalam Pasar Industri
Pasar adalah perangkat dari semua pembeli aktual dan potensial suatu produk atau jasa. Pasar bisnis atau industri terdiri dari semua organisasi yang membeli barang dan jasa untuk dipergunakan dalam memproduksi produk dan jasa lain yang dijual, disewakan, atau dipasokkan kepada organisasi lain. Proses pembelian pasar industri adalah proses mengambil keputusan yang dipergunakan oleh pembeli pasar industri menetapkan kebutuhan untuk membeli produk dan jasa, dan mengenali, mengevaluasi, sert memilih merek dan pemasok alternatif. Pasar industri mencakup uang dan jenis barang yang jauh lebih banyak ketimbang pasar konsumen.
Perilaku pembelian bisnis (business buying behaviour) mengacu pada perilaku pembelian organisasi yang membeli barang dan jasa untuk digunakan dalam produksi produk dan jasa lain yang dijual, disewakan atau dipasok kepada pihak lain. Perilaku ini termasuk perilaku perusahaan-perusahan retailing dan wholesaling yang memperoleh barang-barang dan jasa-jasa untuk tujuan dijual kembali atau menyewakannya kepada pihak lain untuk mendapatkan keuntungan atau profit. Situasi pembelian pada dasarnya merupakan tingkat pengalaman dan/atau tingkat pengenalan seorang pembeli terhadap para pemasok, pilihan-pilihan produk, harga-harga, dan lain sebagainya.
Terdapat empat tipe situas-situasi pembelian utama di pasar industri:
1. Pembelian ulang langsung "The Straight Rebuy"
Pembelian ulang langsung yaitu situasi pembelian di pasar industri di mana, pembeli secara rutin memesan ulang tanpa modifikasi apapun. Hal ini biasanya ditangani secara rutin oleh departemen pembelian berdasarkan pada pembelian yang terjadi pada waktu-waktu sebelumnya. Bagi supplier lama (in suppliers) akan berusaha untuk mempertahankan kualitas produk dan layanan. Mereka seringkali menawarkan sistem pemesanan ulang otomatis sehingga agen-agen pembelian akan menyiapkan waktu pemesanan ulang. Bagi yang belum menjadi supplier (out suppliers) akan berusaha untuk menawarkan sesuatu yang baru atau mengeksploitir ketidakpuasan atas supplier lain sehingga pembeli akan mempertimbangkan mereka.
2. Pembelian ulang dengan modifikasi "Modified Rebuy"
Pembelian ulang dengan modifikasi yaitu situasi pembelian di pasar industri di mana, pembeli ingin memodifikasi spesifikasi produk, harga, persyaratan, atau pemasok. Pembelian ulang yang dimodifikasi biasanya melibatkan lebih banyak peserta untuk mengambil keputusan ketimbang pembelian langsung. Suatu situasi pembelian bisnis dimana pembeli menginginkan modifikasi untuk spesifikasi-spesifikasi tertentu, harga-harga, syarat-syarat, atau supplier-supplier. Bagi supplier lama situasi ini agak mencemaskan dan tekanan karena harus mempertahankan konsumen baru.
3. Tekanan baru "New Task Situation"
Tekanan baru yaitu situasi pembelian di pasar industri di mana, pembeli membeli produk atau jasa untuk pertama kalinya. Dalam hal ini, semakin besar biaya atau resikonya, semakin banyak peserta dalam mengambil keputusan dan semakin besar upaya untuk mengumpulkan informasi. Situasi tugas baru adalah peluang dan tantangan terbesar bagi pemasar. Pemasar tidak hanya mencoba menghubungi sebanyak mungkin pemberi pengaruh kunci pada pembelian, melainkan juga memberi bantuan dan informasi.
4. Pembelian sistem
Pembelian sistem yaitu pembelian penyelesaian masalah secara terpaket dari satu penjual. Banyak pembeli industri yang lebih tertarik untuk membeli seluruh pemecahan masalah dari satu penjual saja.
Penjual menyadari bahwa pembeli lebih suka membeli dengan cara pembelian sistem ini, dan banyak dari penjual telah menerapkan pembelian sistem ini sebagai alat pemasaran.
DAFTAR PUSTAKA
https://studylibid.com/doc/437213/perilaku-pembelian-pasar-bisnis--industri-
http://butikismabersinar.blogspot.com/2015/05/pasar-industri-dan-perilaku-pembeli.html
Komentar
Posting Komentar